Syarat dan Prosedur Pengurusan PT Kota Depok

Syarat dan Prosedur Pengurusan PT Kota Depok

Syarat dan Prosedur Pengurusan PT Kota Depok

Syarat dan Prosedur Pengurusan PT Kota Depok — Sebagai pengusaha, tentu Anda tidak akan asing dengan badan usaha berbentuk hukum di Indonesia yakni PT.

PT atau Perseroan Terbatas merupakan badan usaha berbentuk hukum yang berdiri karena adanya kumpulan modal dari berbagai saham.

Umumnya, pendiri PT terdiri dari 2 (dua) orang atau lebih dengan melalui kesepakatan yang di ketahui oleh Notaris setempat.

Lantas apakah Anda juga termasuk pengusaha yang ingin turut serta mendirikan PT, namun Anda tidak tahu apa saja syarat yang di butuhkan dalam pendirian PT dan bagaimana langkah-langkah pendirian PT?

Jika demikian adanya, maka tidak perlu khawatir! Kami akan menjelaskannya secara tuntas di artikel kali ini. Simak dan catat baik-baik ya!

 

Dokumen yang Harus di Lengkapi

Dalam mengurus pendirian PT, syarat-syarat yang harus Anda lengkapi kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan nama PT (minimal menyiapkan 3 nama cadangan dan tidak berbahasa asing)
  • Fotokopi KTP para pendiri PT (minimal 2 orang, tidak boleh milik suami/istri dan pekerjaan bukan merupakan PNS/TNI/POLRI)
  • Fotokopi NPWP pribadi semua pengurus PT
  • Sertifikat tanah/surat keterangan kepemilikan tanah/surat perjanjian tempat usaha sewa-menyewa bagi kontrak/bukan pemilik, di fotokopi
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan) jika ada, di fotokopi
  • Stampel PT (di buat setelah nama PT di setujui)
  • 6 lembar materai Rp. 6000,-

Baca Juga : Keuntungan Memiliki SIUP

 

Prosedur Pendirian PT Kota Depok

  • Mempersiapkan terlebih dahulu data pendiri PT

Dalam langkah pendirian PT yang satu ini, data-data yang umumnya harus Anda siapkan yakni: Nama PT, Tempat Kedudukan PT, Maksud dan Tujuan PT, Struktur Permodalan PT dan Pengurus PT.

  • Mengurus pembuatan Akta Pendirian PT di Notaris

Langkah selanjutnya adalah mengurus pembuatan Akta Pendirian PT di Notaris yang bertempat kedudukan sama dengan tempat kedudukan PT.

Namun, kalau pun Anda mengurus pembuatan Akta Pendirian PT di Notaris yang tidak bertempat kedudukan sama dengan tempat kedudukan PT, hal ini tidak lah mengapa.

Sebab Anda juga tetap bisa menggunakan Notaris dengan tempat kedudukan dimana saja dengan catatan Notaris tersebut telah memperoleh SK Pengangkatan, di sumpah dan telah terdaftar di Kemenkumham.

  • Pengesahan SK (Surat Keputusan) dari Menteri

Setelah Akta Pendirian PT Anda telah selesai di buat, umumnya Notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM.

Selanjutnya, Menteri akan mengeluarkan SK (Surat Keputusan) pengesahan badan hukum PT. Sehingga PT Anda telah sah sebagai badan hukum yang di akui oleh negara.

  • Mengurus pembuatan NPWP PT

Langkah berikutnya adalah mengurus pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk badan usaha PT Anda. NPWP digunakan sebagai tanda pengenal untuk identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perusahaan.

  • Mengurus pembuatan SIUP PT

Selanjutnya yakni mengurus pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) untuk badan usaha PT Anda. SIUP merupakan surat izin usaha yang berguna untuk melaksanakan operasional usaha, baik usaha itu berupa perdagangan ataupun jasa.

  • Mengurus pembuatan NIB PT

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengurus pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk badan usaha PT Anda. NIB merupakan identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha.

NIB terdiri dari 13 (tiga belas) digit angka acak yang di beri pengaman dan di sertai dengan tanda tangan elektronik. Selain itu, NIB juga berfungsi sebagai TDP (Tanda Daftar Perusahaan), API (Angka Pengenal Importir) dan Hak Akses Kepabeanan.

Baca Juga : Syarat Pengurusan IUTS Kota Depok

Jika Anda berkeinginan untuk mengurus pembuatan PT namun terkendala waktu dan biaya, maka Anda bisa mengurus pembuatan PT Anda di POPJASA.

Mengapa harus mengurus pembubaran PT di POPJASA?

Sebab POPJASA merupakan konsultan perizinan dan pendirian usaha terbaik yang telah berpengalaman sejak tahun 2010 dan telah berhasil melayani lebih dari 10.000 klien!

 

ALAMAT KANTOR POPJASA:

  • Komplek BDN, Blok D1 No. 11, Jl. Raya Sawangan, Rangkapan Jaya Baru, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16434

Kontak POPJASA:

 

GRATIS KONSULTASI SEPUASNYA!!!

Syarat dan Prosedur Pengurusan PT Kota Depok

Tinggalkan Balasan